KONSULTASI CALON PERSEORANGAN

Posted: 6 Januari 2011 in Tak Berkategori

KONSULTASI CALON PERSEORANGAN

 

Kajen, 5/1/2011

 

Bertempat di ruang Anggota KPU Kabupaten Pekalongan telah hadir LSM CENSPRO Kajen untuk berkonsultasi mengenai tata cara persyaratan pencalonan perseorangan dalam Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan Tahun 2011.

Hadir dari CENSPRO Abi Rizal, Hananto, Imam Joyo, sedangkan dari KPU Kab Pekalongan Ketua KPU Dwi Mei Narna, SH, Divisi Pemutakhiran Data Pemilih, Pencalonan dan PAW Zahiroh, S.Pd, Divis Kampanye, Pemungutan dan Penghitungan Suara, Hubungan Antar Lembaga Juhanah, S.Pd.I, M.Si; Divisi SOsialisasi, Hubungan Partisipasi Masyarakat, Pendidikan Pemilih, Data dan Informasi Drs. Khusnul Ma’at dan Kasubbag Teknis Penyelenggara dan Hupmas Endang Tri Lasmini, S.Sos.

Pertemuan yang berlangsung dari pukul 14.20 s.d. 15.40 itu dipergunakan oleh KPU Kab. Pekalongan untuk menjelaskan hal-hal yang dikonsultasikan oleh LSM CENSPRO seperti bentuk kolom dukungan, surat dukungan yang harus dibubuhi tanda tangan/cap jempol pendukung dan dijilid per desa/kelurahan, diparaf tiap halamannya oleh pasangan calon yang dibubuhi meterai Rp 6.000,- (enam ribu rupiah) setiap bendelnya.

Daftar dukungan harus dilampiri fotokopi KTP/paspor atau Kartu Keluarga. Untuk penggunaan KK sebagai bukti identitas kependudukan setiap 1 jiwa satu KK yang harus dilingkari/diberi tanda pada nama yang bersangkutan.

Dijelaskan jika KTP/KK/Paspor digunakan untuk mendukung lebih dari satu pasangan calon akan dicermati dengan program DCPTools, bila kemudian terbukti ada lebih dari satu dukungan salah satu akan dicoret.

Diharapkan calon dalam menyerahkan dokumen pencalonan perseorangan pada jam kerja, hal ini demi kepentingan pasangan calon apabila memerlukan perbaikan. Batas akhir penyerahan dukungan dari masing-masing pasangan calon pada pukul 00.00 hari terakhir penyerahan dukungan.

Apabila penyerahan pada hari terakhir tersebut dan terjadi kesalahan maka tidak dapat dilakukan perbaikan sebelum dilakukan verifikasi factual oleh PPS. Perbaikan sebelum dilaksanakan verifikasi factual hanya dapat dilakukan sebelum dilakukan penyerahan pendaftaran.

Di akhir pembicaraan juru bicara CENSPRO Abi berharap dukungan dari KPU, oleh Anggota KPU dijelaskan bahwa KPU mendukung semua calon agar dapat menyerahkan dukungan sesuai dengan ketentuan administrasi yang telah disosialisasikan baik dari calon perseorangan maupun partai politik.

Sesuai dengan Keputusan KPU Kab. Pekalongan Nomor 270/06 Tahun 2010 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan Tahun 2011 bahwa penyerahan dokumen calon perseorangan ke KPU Kab Pekalongan selama 3 (tiga) hari (5 s.d. 7 Januari 2011). Oleh KPU dokumen itu diserahkan ke PPS tanggal 9 Januari 2011. Verifikasi Faktual oleh PPS tanggal 10 s.d. 23 Januari 2011. Verfak oleh PPK tanggal 24 s.d. 26 Januari 2011. Verfak oleh KPU Kab. Pekalongan tanggal 26 s.d. 29 Januari 2011. Pengumuman pencalonan tanggal 30 s.d. 31 Januari 2011 dan pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan tanggal 30 Januari s.d. 5 Februari 2011. (Kusuma 1620050111).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s